Inilah Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Saat Berolahraga Lari

Inilah Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Saat Berolahraga Lari

Inilah Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Saat Berolahraga Lari – Lari atau  berlari adalah metode mahluk hidup untuk bergerak yang memungkinkan manusia dan binatang bergerak dengan cepat menggunakan kaki. Lari adalah cara yang lebih cepat untuk bergerak dibandingkan dengan berjalan.

Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban  manusia kuno. Lari santai atau jogging merupakan olahraga yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik tua maupun muda.

Namun sebagian orang lebih menyukai olahraga lari di dalam ruangan dan beranggapan hal tersebut sama saja dengan idn poker app lari di luar ruangan, padahal hal itu jelas sangat berbeda. Nah jangan disamakan ya, ini lima manfaat yang akan kamu rasakan saat berolahraga lari di luar ruangan!

1. Banyak mendapatkan vitamin D
Ini 5 Manfaat Jogging Saat Kamu Bisa Melakukannya Secara Rutin!

Seperti yang kita ketahui, saat kita jogging di luar ruangan tentu kesempatan kita mendapatkan vitamin D lebih besar daripada lari di dalam ruangan. Vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi akan menguatkan tulang kita dan mencegahnya dari keropos atau osteoporosis. Nah tentunya selain tubuh kita bugar, lari di luar ruangan akan membuat tulang kita jauh lebih sehat karena vitamin D terserap dengan baik.

2. Otot akan lebih banyak digerakkan
Ini 5 Manfaat Jogging Saat Kamu Bisa Melakukannya Secara Rutin!

Saat jogging di dalam ruangan kita tentunya akan menggunakan treadmill yang kecepatannya bisa disesuaikan. Tetapi olahraga di luar ruangan akan membuat ototmu lebih banyak digerakkan karena lari di luar ruangan cenderung lebih luas dan permukaannya pun berbeda-beda.

Saat ada jalan yang menanjak tentu ototmu akan bergerak lebih kuat dan lebih banyak digerakkan begitupula sebaliknya saat ada jalan menurun kecepatanmu pun bisa dikurangi. Tentunya hal ini tidak akan kamu dapatkan saat lari di atas teradmil yang permukaannya hanya datar saja.

3. Bisa mengurangi stres karena melihat pemandangan
Ini 5 Manfaat Jogging Saat Kamu Bisa Melakukannya Secara Rutin!

Saat otak stres mungkin saja karena kita merasa sumpek dengan pemandangan yang itu-itu saja. Tapi ketika kamu lari di luar ruangan, setidaknya kamu akan menikmati banyak pemandangan sehingga stres pun bisa berkurang. Namun ketika lari di atas treadmill kamu takkan menikmati pemandangan apa-apa dan stres pun takkan bisa direduksi.

4. Kalori banyak terbakar
Ini 5 Manfaat Jogging Saat Kamu Bisa Melakukannya Secara Rutin!

Karena otot cenderung bergerak lebih banyak tentunya kalori pun akan lebih banyak terbakar. Saat melewati tempat yang tinggi kalorimu akan terbakar lebih banyak karena menggunakan energi yang besar. Tentunya lari di luar ruangan sangat baik, apalagi ketika kamu sedang dalam program diet.

5. Olahraga pun akan lebih lama
Ini 5 Manfaat Jogging Saat Kamu Bisa Melakukannya Secara Rutin!

Nah manfaat lain yang akan kamu rasakan saat berlari di luar ruangan, jangkauan larimu lebih lama dan lebih jauh daripada lari di atas treadmill. Hal ini dikarenakan saat lari di luar ruangan tentunya jarak antara jangkauan larimu dan rumah itu berjauhan sehingga mau tak mau olahraga lari pun akan berjalan lebih lama dan saat memutuskan ingin kembali ke rumah kamu pun harus dalam keadaan berlari. Tentunya peluang untuk terbakarnya kalori pun lebih banyak bukan?

Perlombaan lari resmi sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu dan dahulu. Kegiatan ini seringkali diadakan sebagai bagian dari ritual keagamaan, termasuk saat pertama kali diikutkan sebagai cabang olahraga di olimpiade zaman Yunani kuno, tahun 776 sebelum Masehi.Perkembangan olahraga lari modern dimulai pada tahun 1800-an di Inggris.

Pada tahun 1860, negara tersebut mengadakan perlombaan lari amatir untuk pertama kalinya.Pada 1896, Olimpiade modern pertama kali digelar dan di perlombaan yang sama, dan lari secara resmi menjadi olahraga yang dipertandingkan secara internasional. Lalu di tahun 1913, perwakilan 16 negara membentuk International Amateur Athletic Federation (IAAF).