Inilah Manfaat Senam Aerobik yang sangat Baik Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Senam Aerobik yang sangat Baik Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Senam Aerobik yang sangat Baik Bagi Kesehatan – Senam aerobik atau aerobik adalah senam dengan rangkaian gerakan yang terpola maupun tidak terpola diserta dengan irama musik yang memiliki ketentuan ritmis, kesinambungan, dan durasi tertentu. Gerakan senam aerobik memerlukan penggunaan oksigen yang tepat dan dilakukan secara cepat.

Senam aerobik melibatkan serangkaian gerakan yang dilakukan secara berulang untuk meningkatkan denyut jantung. Untuk membuatnya lebih menyenangkan, senam ini dilakukan beriringan dengan lantunan musik yang bersemangat. Olahraga yang dikenal juga dengan sebutan latihan kardio ini baik untuk dilakukan secara rutin.

Sebab aerobik memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama jantung, otak, dan paru-paru. Masih banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan dari Bandar Togel Deposit Pulsa rutin melakukannya. Berikut rangkuman tentang beberapa khasiat atau manfaat senam aerobik yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan jantung
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

American Heart Association merekomendasikan senam aerobik kepada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Ini karena setiap gerakan senam mampu menguatkan jantung dengan memacunya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah.

2. Menurunkan tekanan darah
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Selain menurunkan kolesterol jahat, senam aerobik juga bisa membantu meredakan gejala tekanan darah tinggi. Ini karena semakin lancar peredaran darah, semakin turun tekanan darah. Dengan begitu, penyakit jantung dapat dilawan.

3. Membantu meredakan gejala asma
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asma, senam aerobik adalah olahraga yang tepat untuk kamu praktikkan dengan rutin. Dengan begitu tingkat keparahan dan intensitas kambuhnya penyakit tersebut akan berkurang.

Namun kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai latihan apa yang sebaiknya dilakukan karena ada sebagian gerakan senam yang tidak dianjurkan.

4. Mengontrol berat badan
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Aerobik telah terbukti ampuh untuk mengontrol dan bahkan menurunkan berat badan. Kamu perlu melakukannya 30 hingga 60 menit dalam sehari sehingga jumlah kalori yang terbakar sepadan dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan kamu juga mengontrol pola makan jika ingin menurunkan berat badan.

5. Menguatkan sistem imun tubuh
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari aerobik adalah menguatkan sistem imun tubuh. Penelitian dari Pennsylvania State University menunjukkan bahwa orang yang rajin melakukan olahraga tersebut memiliki jumlah immunoglobin yang banyak. Sel tersebut adalah salah satu jenis antibodi yang bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

6. Menurunkan risiko kanker payudara
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Satu manfaat besar yang mungkin belum kamu ketahui adalah aerobik bisa menurunkan risiko berkembangnya kanker payudara. Perempuan yang berisiko tinggi biasanya memiliki tingkat jaringan estrogen yang tinggi di area payudara. Jaringan tersebut bisa membantu sel kanker berkembang.

Dilansir dari Fit and Me, senam aerobik bisa membantu menurunkan jumlah jaringan tersebut sehingga risiko kanker pun menurun. Itulah kenapa orang yang memiliki riwayat kanker payudara di keluarga dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga ini.

7. Membuat tidur lebih nyenyak
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Jika kamu memiliki gangguan tidur seperti insomnia, lakukan olahraga ini di pagi atau sore hari. Dilansir dari ScienceDirect, orang-orang yang mengalami kesulitan tidur membaik setelah rutin senam aerobik selama 16 minggu.

Walaupun begitu, kamu harus menghindari berolahraga mendekati waktu tidur. Berikan jeda waktu setidaknya dua jam agar kamu tetap bisa tidur dengan baik.

8. Melawan diabetes
8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik yang Jarang Diketahui

Manfaat lain dari olahraga ini adalah kemampuannya untuk melawan diabetes. Secara umum berolahraga bisa mengontrol tingkat insulin dan gula darah agar tetap normal. Tidak hanya itu, senam aerobik juga bisa mencegahmu mengalami obesitas, penyakit yang erat kaitannya dengan diabetes.

Unsur penyusun senam aerobik meliputi tingkat kesulitan, pola gerakan berintensitas tinggi, serta elemen musik. Senam aerobik dapat juga digunakan sebagai latihan rutin berirama yang dapat meningkatkan kebugaran pada manusia. Melalui senam aerobik, manusia dapat melakukan kegiatan fisik yang bersifat ritmis dan terus menerus dengan memadukan beberapa gerakan. Penggunaan musik dalam senam aerobik ditujukan sebagai motivasi dan pengaturan waktu latihan.