Inilah Alasan Mengapa Pilates Juga Perlu Dilakukan Para Pria

Inilah Alasan Mengapa Pilates Juga Perlu Dilakukan Para Pria

Inilah Alasan Mengapa Pilates Juga Perlu Dilakukan Para Pria – Yoga dan pilates merupakan dua bentuk latihan yang bisa dikatakan serupa jika dilihat dari jenis gerakannya. Hal yang membedakan hanya pada tujuan akhirnya, yoga lebih memfokuskan latihan kelenturan, meditasi, dan pengelolaan stres, sementara pilates lebih berfokus menempa stamina tubuh. Lalu, manakah jenis latihan yang cocok bagi Anda?

Pilates identik dengan wanita. Meski tidak ekstrem, olahraga ini membantu wanita jadi lebih kuat dan berotot tanpa membuatnya terlihat bulky. Yah, jadi atletis-seksi-proporisonal begitu, deh.

Sementara itu, kalau ada laki-laki yang melakukan pilates justru dianggap sebaliknya. Kurang maskulin, kurang cocok, dan sebagainya. Padahal, pilates memberikan jauh lebih banyak manfaat bagi idn poker tubuh laki-laki dibandingkan anggapan luar semata. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini lima alasannya!

1. Meningkatkan fleksibilitas
Menurut Trainer, Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Perlu Melakukan Pilates

Saat berlatih di gym, kamu akan levih fokus untuk membentuk dan membesarkan otot. Di sisi lain, semakin besar massa otot yang diperoleh, semakin kecil tingkat fleksibilitas yang didapatkan.

Pilates fokus mengaktifkan otot-otot dan membuatnya kencang tanpa berlebihan. Rangkaian latihannya juga berfungsi untuk memperbaiki postur tubuh serta menjadi salah satu cara untuk perawatan bagi otot yang cedera. Kamu pun tetap bisa mendapat otot yang padat terbentuk sekaligus tubuh yang fleksibel.

2. Mengaktifkan otot-otot yang jarang diperhatikan
Menurut Trainer, Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Perlu Melakukan Pilates

Saat berada di gym, atensi utamamu adalah beberapa bagian otot saja: tangan, perut, paha. Sementara itu, ada banyak otot lainnya yang luput dari perhatian.

Pilates membantumu untuk menguatkan otot-ototmu secata keseluruhan, bukan parsial seperti yang banyak dilakukan pada aktivitas angkat beban. Dengan begitu, kamu pun jadi lebih kuat seutuhnya.

3. Membangun core strength
Menurut Trainer, Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Perlu Melakukan Pilates

Core exercise diidentikkan dengan latihan untuk membentuk perut yang rata dan berotot atletis. Padahal, sesuai namanya, latihan ini berfungsi menguatkan core muscles yang menjadi dasar dari seluruh sistem tubuh.

Adapun otot yang termasuk dalam latihan ini adalah perut, pinggang, dan tulang belakang. Pilates sendiri sejak lama telah dikenal sebagai jenis olahraga yang berfungsi membangun kekuatan inti ini.

4. Membantu lebih fokus
Menurut Trainer, Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Perlu Melakukan Pilates

Pilates menuntutmu untuk betul-betul memusatkan perhatian demi mencapai keseimbangam dan kekuatan di setiap gerakan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengaturan napas.

Setelah melakukan sesi pilates pun, kamu akan merasakan tubuh dan pikiran yang lebih segar. Berlatih secara rutin pun akan memberikan dampak implikasi lebih besar dalam fokus di kegiatan sehari-hari.

5. Membuat kehidupan seks jadi lebih baik, bagi kamu yang sudah berpasangan
Menurut Trainer, Ini 5 Alasan Kenapa Pria Juga Perlu Melakukan Pilates

Olahraga memang memiliki pengaruh cukup besar bagi kualitas kehidupan seks seseorang. Dan, pilates memberikan leboh banyak manfaat dalam hal ini.

Seperti yang disebutkan, pilates meningkatkan bagian core strength serta pinggul. Dengan berlath ini secara rutin, kamu pun mempunyai kontrol lebih baik di area ini. Paham, kan?

Dengan serangkaian manfaat ini, tidak ada lagi alasan kenapa kamu harus malu untuk mencoba berlatih pilates.

Banyak kalangan mulai menggemari olahraga yoga dan pilates, terutama wanita sebagai bagian dari gaya hidup sehat mereka. Anda pun bisa dengan mudah menemukan kelas pilates maupun yoga di berbagai gym dan pusat kebugaran

Yoga dan pilates tergolong olahraga low-impact atau berdampak rendah yang minim risiko cedera. Walaupun begitu, kedua latihan ini dapat meningkatkan ketahanan dan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, lho.