Hal-hal yang bisa Menyebabkan Kamu Ngantuk Setelah Olahraga

Hal-hal yang bisa Menyebabkan Kamu Ngantuk Setelah Olahraga

Hal-hal yang bisa Menyebabkan Kamu Ngantuk Setelah Olahraga – Kantuk atau ‘ngantuk’ adalah kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini biasa terjadi pada malam hari ataupun terkadang di siang hari, dan merupakan hal yang wajar. Badan pasti jadi terasa lelah setelah kamu berolahraga. Itu karena banyak gerakan yang dilakukan oleh fisik kamu.

Namun jika rasa kantuk terjadi secara berlebihan hingga mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas, kondisi ini perlu ditangani. Lalu bagaimana jika malah mengantuk setelah olahraga? Kenapa bukan merasa segar tapi kok jadi ngantuk? Mengantuk setelah olahraga itu pada dasarnya masih normal terjadi. Banyak yang merasakan hal serupa, bukan kamu saja.

Itu disebabkan tubuh telah bekerja keras selama kamu menjalankan latihan. Dilansir dari laman apk idn poker, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu ngantuk setelah olahraga, berikut ulas selengkapnya:

1. Baru mulai olahraga secara rutin
1. Baru mulai olahraga secara rutin

Jarang olahraga dan baru mulai melakukan olahraga secara rutin. Tubuh akan mulai beradaptasi dan merespon sebagai rasa lelah yang menyebabkan kamu merasa mengantuk beberapa jam kemudian setelah berolahraga.

2. Kadar gula terlalu rendah
2. Kadar gula terlalu rendah

Kadar gula darah dalam tubuh terlalu rendah juga bisa jadi penyebab ngantuk setelah olahraga.

Sebagai panduan, mungkin kamu perlu mengetahui kadar gula darah normal pada tubuh adalah sebagai berikut:

  • Sebelum makan sekitar 70-130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan, kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah berpuasa atau tidak makan selama beberapa jam, setidaknya delapan jam, kadar gula darah yang normal adalah kurang dari 100 mg/dL.
3. Kurang cairan
3. Kurang cairan

Saat kamu olahraga, tubuh mengeluarkan banyak cairan berupa keringat yang ekstra. Nah, jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi kamu bisa merasakan lemas dan seperti merasa ngantuk.

Kamu bisa segera minum air putih, sari buah yang mengandung vitamin C atau air kelapa jika mengalami dehidrasi untuk memulihkan keadaan.

4. Bentuk olahraga belum pernah dilakukan sebelumnya
4. Bentuk olahraga belum pernah dilakukan sebelumnya

Intensitas latihan yang terlalu tinggi dan jenis olahraga tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya, hal ini juga bisa membuat tubuh perlu adaptasi.

Mungkin ini penyebab tubuh kamu merasa ekstra lelah dan jadi terasa mengantuk setelah olahraga.

5. Overtraining
5. Overtraining

Olahraga secara berlebihan atau yang biasa disebut overtraining, akan membuat tubuh mudah lelah yang akhirnya menyebabkan kamu mengantuk.

Bahkan menurut dr. Pauline Powers, seorang psikiater asal Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul Exercise Balance, menyatakan bahwa olahraga terlalu berlebihan bisa meningkatkan risiko cedera, pengeroposan tulang, sampai menyebabkan beberapa orang menderita gangguan makan.

Jika kamu telah melakukan olahraga rutin dalam waktu yang cukup lama tapi masih merasa lelah dan mengantuk, bisa jadi kamu mengalami beberapa masalah kesehatan.

Mungkin kamu mengalami anemia, masalah hormon, atau masalah pada sistem metabolisme yang membuat kamu sering merasa lelah dan mengantuk selesai berolahraga. Jangan menyerah, teruslah berolahraga secara rutin. Setelah tubuh beradaptasi maka kamu akan merasa lebih segar dan bugar.