Fakta Olahraga Sumo yang Lekat Dengan Kebudayaan Jepang

Fakta Olahraga Sumo yang Lekat Dengan Kebudayaan Jepang

Fakta Olahraga Sumo yang Lekat Dengan Kebudayaan Jepang – Sumo  (sumō) adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran.

Pesumo (rikishi) perlu berbadan besar dan gemuk karena semakin tambun seorang pegulat sumo semakin besar pula kemungkinannya untuk menang. Siapa sih yang gak tahu dengan olahraga gulat yang satu ini? Yup! Sumo adalah salah satu olahraga yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang yang kini sudah banyak juga diselenggarakan oleh negara-negara lainnya.

Jika kebanyakan olahraga mengharuskan atletnya untuk menjaga porsi tubuhnya, sumo malah mengharuskan para pemainnya Aplikasi Poker77 yang disebut dengan pegulat sumo untuk menggemukkan badannya hingga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Dan bahkan semakin besar badan pegulat sumo, maka akan semakin besar pula peluang pegulat tersebut untuk menjuarai pertandingan.

1. Menjadi salah satu olahraga yang sudah ada sejak zaman prasejarah
5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepangscorum.id

Sumo diketahui sudah ada sejak abad ke 8. Pada zaman itu, sumo dikenal dengan nama sumai. Sumo di masa sekarang disinyalir lebih manusiawi dibandingkan pada awal diciptakannya dahulu. Konon, pada masa itu para pegulat sumo bertanding hingga bahkan lawannya akan  mati karena terlalu banyak menggunakan kekerasan fisik.

2. Awal mulanya merupakan salah satu bagian ritual keagamaan
5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

Menjadi salah satu olahraga tertua di dunia, sumo ternyata awal mulanya merupakan salah satu kegiatan yang digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat Jepang yang dikenal berkeyakinan agama shinto.

Pada masa itu, pertandingan sumo dikatakan sebagai pertandingan antara manusia dan juga dewa shinto, serta wasit pertandingan dikatakan sebagai pendeta shinto.

3. Ritual unik sebelum memulai pertandingan
5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

Sumo juga dikenal menjadi salah satu olahraga yang memiliki ritual unik di dalamnya. Seperti menaburkan garam pada ring pertandingan dan juga kegiatan pegulat yang menghentak-hentakkan kaki ke tanah sebelum terjadinya pertandingan, dengan tujuan untuk mengusir bala atau gangguan.

4. Serangkaian peraturan rumit yang mengikat pegulat profesional
5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

Menjadi pegulat sumo profesional ternyata memiliki beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh pihak asosiasi dan harus ditaati.

Dimulai dari harus mengenakan pakaian tradisional Jepang yang disesuaikan dengan tingkatan kelas para pegulatnya, hingga tatanan rambut pegulat yang harus panjang dan ditata dengan bentuk konde di atasnya.

5. Melarang adanya keterlibatan wanita
5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

Sumo menjadi salah satu olahraga yang melarang adanya keterlibatan wanita dalam pertandingannya. Baik untuk menjadi salah satu pegulat, maupun sekadar menonton.

Masyarakat Jepang percaya bahwa wanita dapat membuat dewi persembahan menjadi cemburu. Namun, seiring perkembangannya, ada beberapa pertandingan sumo yang kini telah memperbolehkan wanita untuk turut berpartisipasi di dalamnya.

Sumo adalah olahraga asli Jepang dan sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Di beberapa negara tetangga Jepang seperti Mongolia dan Korea juga terdapat olahraga gulat tradisional yang mirip-mirip dengan sumo. Sumo memiliki berbagai upacara dan tradisi unik seperti menyebarkan garam sepanjang pertandingan untuk mengusir bala.