Cara Olahraga yang Buat Mama Tetap Sehat Ditrimester Pertama

Cara Olahraga yang Buat Mama Tetap Sehat Ditrimester Pertama

Cara Olahraga yang Buat Mama Tetap Sehat Ditrimester Pertama – Trimester adalah periode kehamilan. Pada tiap trimesternya, terjadi perkembangan janin. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perkembangan janin pada tiap trimester kehamilannya. Salah satu kunci untuk menjaga Mama dan janin tetap sehat di trimester pertama adalah dengan berolahraga. Namun, seiring perkembangan janin maka Mama pun akan mengalami perubahan bentuk dan bobot tubuh.

Ada banyak istilah mengenai kehamilan yang seharusnya diketahui oleh para ibu hamil. Terlebih lagi pada kehamilan pertama. Sedangkan untuk Mama yang baru saja ingin membangun kebiasaan berolahraga, ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Hal ini perlu diketahui agar Mama dapat terus berolahraga dengan nyaman. Berikut ini beberapa tips berolah raga untuk membantu Mama berolahraga dengan aman dan nyaman di trimester pertama kehamilan.

1. Untuk pemula, mulailah dengan yang ringan
1. pemula, mulailah ringan

Untuk Mama yang masih pemula atau sudah terbiasa melakukan olahraga sebelum hamil, olahraga tertentu seperti berenang, berjalan kaki, atau bersepeda menggunakan sepeda statis dapat menjadi pilihan utama.

Sebab selain mudah dilakukan, olahraga tersebut termasuk olahraga yang rendah risikonya jika dilakukan pada awal masa kehamilan.

Dengan demikian, Mama bisa tetap sehat dan bebas dari risiko cedera otot atau tulang yang juga dapat membahayakan kehamilan.

Jenis olahraga ini juga diyakini dapat meningkatkan mood, energi, serta menjauhkan Mama dari kenaikan berat badan berlebih.

Coba lakukan perlahan-lahan sampai Mama bisa konsisten dalam melakukannya.

2. Konsisten membangun stamina
2. Konsisten membangun stamina

Jika Mama tergolong aktif dan sudah terbiasa berolah raga, maka Mama bisa mempertahankan latihan rutin Mama di tiga bulan pertama ini.

Di masa ini, Mama masih bisa berbaring telentang dengan mudah untuk melakukan peregangan atau melakukan beberapa pose yoga.

Tentu saja hal ini tidak akan bisa Mama lakukan di kemudian hari, bukan? Jadi, selagi masih bisa lakukanlah secara rutin untuk mempertahankan stamina Mama.

Fase kehamilan trimester pertama juga mungkin belum terlalu mempengaruhi pusat keseimbangan Mama, jadi jangan ragu untuk memulai kelas Zumba atau olahraga yang dapat membuat Mama lebih berkeringat.

Mama juga dapat melanjutkan joging atau lari kecil dengan aman.

Pastikan olahraga yang Mama pilih tidak mengganggu sirkulasi darah ke janin ya, Ma.

3. Tunda dulu olahraga ini
3. Tunda dulu olahraga ini

Walaupun Mama sudah terbiasa berolah raga dan mungkin tidak mengalami kendala apapun selama trimester pertama, ada beberapa olahraga yang sebaiknya Mama tunda dulu.

Beberapa olahraga yang perlu dihindari adalah yang berisiko menimbulkan kontak fisik dengan orang lain atau alat yang digunakan seperti basket atau bola.

Sebaiknya, Mama juga menunda melakukan hiking untuk menghindari tabrakan dengan orang lain atau mengalami kekurangan oksigen karena ketinggian.

Sebab, hal ini berisiko pada suplai oksigen terhadap janin mama.

Tunda dulu senam, ski air, menyelam, dan menunggang kuda selama kehamilan. Gerakan menyentak dapat menimbulkan risiko besar nantinya.

4. Tetap berhati-hati selama berolahraga dan siapkan musik favorit mama
4. Tetap berhati-hati selama berolahraga siapkan musik favorit mama

Untuk menambah semangat Mama dalam berolah raga, tidak ada salahnya memasukkan lagu-lagu kesukaan Mama ke dalam playlist. 

Selain itu, pastikan Mama menggunakan bra olahraga yang sesuai dengan ukuran payudara Mama di trimester awal ini.

Gunakan pula baju olahraga yang menyerap keringat dan longgar serta sepatu yang memiliki daya cengkram yang baik.