Berikut Teknik yang Harus Dikuasai Dalam Bermain Bola Voli

Berikut Teknik yang Harus Dikuasai Dalam Bermain Bola Voli

Berikut Teknik yang Harus Dikuasai Dalam Bermain Bola Voli – Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing timnya hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga ini dinaungi FIVB sebagai induk organisasi internasional.

Olahraga voli merupakan permainan yang dilakukan secara tim atau beregu yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Olahraga voli terbilang menjadi salah satu olahraga populer di Indonesia karena banyak dimainkan oleh masyrakat perkotaan hingga pedesaan. Tidak heran jika banyak terdapat penggemar dan pemain voli yang tersebar hingga pelosok negeri.

Voli bisa dibilang sebagai olahraga alternatif selain sepak bola, futsal, ataupun bulu tangkis. Secara biaya, olahraga ini terbilang murah dan perlengkapan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit. Bagi kalian yang baru memulai bermain voli, ada beberapa teknik dasar yang perlu kalian perhatikan agar bisa lancar ketika bermain. Berikut adalah 5 teknik dalam bermain bola voli yang harus kalian kuasai. Apa saja? Simak sampai selesai!

1. Servis bola
5 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai sebelum Bermain Bola Voli

Servis bola merupakan kunci pertama dalam bermain voli. Jika servis kalian gagal, bisa dipastikan itu akan merugikan tim yang kalian bela. Servis dalam voli terdiri dari 2 cara, yaitu servis bawah dan servis atas yang punya fungsi masing-masing. Apabila kalian ingin langsung menyerang pertahanan lawan, kalian bisa melakukan servis atas, yaitu dengan cara bola dilempar ke atas kemudian kalian melompat lalu pukul bola sekuat mungkin. Sebaliknya, ketika servis bawah, kalian hanya perlu melempar bola ke atas dan pukul bola dengan mengayunkan tangan dari bawah.

2. Blocking bola
5 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai sebelum Bermain Bola Voli

Blocking atau menahan bola merupakan salah satu teknik yang juga harus kalian kuasai. Blocking bisa dibilang sebagai pintu pertahan pertama ketika hendak diserang lawan. Blocking dilakukan ketika lawan hendak melakukan spike atau smash ke pertahanan tim kalian dengan cara kalian melompat di depan net dan menjulurkan kedua tangan ke atas. Hal itu berguna bola agar smash dari lawan bisa terbendung oleh kedua tangan kalian.

3. Smash bola
5 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai sebelum Bermain Bola Voli

Smash merupakan gerakan memukul bola pada permainan voli dengan kencang dan tajam guna memperoleh poin. Smash merupakan cara penyerangan paling efektif dalam permainan voli karena memiliki kemungkinan terbesar untuk memperoleh poin.

Tentu untuk menghasilkan smash yang kencang dan tajam perlu latihan yang ekstra. Tak jarang banyak pemula yang melakukan smash, kemudian bola tersangkut di net. Latihan lompat tali, workout, atau gym sangat disarankan agar pukulan smash kalian bisa kencang dan tajam.

4. Passing bola
5 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai sebelum Bermain Bola Voli

Passing atau umpan merupakan cara yang digunakan oleh pemain bola voli atau biasa disebut tosser untuk memnberikan umpan melambung kepada spiker atau pemain yang bertugas melakukan spike atau smash. 

Mengumpan bola voli sendiri tidak boleh sembarangan karena membutuhkan teknik khusus agar bola bisa melambung secara optimal dan tidak terlalu keras. Kalian perlu menekuk sedikit siku tangan dan melemaskan pergelangan tangan ketika hendak melakukan passing.

Pastikan kalian melakukan passing dengan akurasi dan kecepatan yang pas sehingga tidak menyusahkan rekan kalian yang hendak melakukan smash.

5. Pola menyerang dan bertahan
5 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai sebelum Bermain Bola Voli

Terakhir setelah semua teknik pukulan kalian kuasai, ada dua hal lagi yang harus juga diperlajari, yaitu teknik menyerang dan bertahan. Dua hal itu tidak bisa dipisahkan dalam permainan voli karena percuma bisa menyerang jika tidak bisa menerapkan pola bertahan yang baik. Begitu pun sebaliknya.

Agar lebih terbiasa memahami teknik ini, kalian perlu sering berlatih agar terbentuk chemistry yang baik dengan rekan tim kalian. Selain itu, sebelum bermain, kalian juga harus membagi tugas masing-masing pemain ketika bertanding agar tidak bingung mana yang bertugas sebagai penyerang dan mana yang bertugas bertahan.

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

Morgan, yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga bola basket oleh James Naismith. Olahraga Mintonette ini sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan, yaitu bola basket, bisbol, tenis, dan bola tangan (handball).

Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Nah, itulah 5 teknik bermain bola voli yang harus kalian kuasai agar semakin jago dalam bermain. Satu hal yang membuat voli menarik adalah ketika bermain pasti seru karena banyak orang yang terlibat dalam satu pertandingan sehingga selain sehat kalian juga bisa melepas penat. Ada yang mau mencoba bermian voli?