Berikut Olahraga yang Dapat Membuat Kamu Tertidur Nyenyak

Berikut Olahraga yang Dapat Membuat Kamu Tertidur Nyenyak

Berikut Olahraga yang Dapat Membuat Kamu Tertidur NyenyakInsomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan diri untuk tertidur. Gangguan ini seringkali terjadi pada beberapa orang, biasanya disebabkan karena pikiran yang terlalu menumpuk, pola tidur yang tidak baik, ataupun hal-hal yang dapat memicu stres. 

Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Dampak dari insomnia antara lain gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan, kemudian peningkatan risiko dan keparahan penyakit atau kondisi jangka panjang, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Kamu dapat mengatasi insomnia salah satunya dengan cara melakukan olahraga. Pasalnya, semua bentuk olahraga memang bermanfaat untuk memaksimalkan waktu tidur yang baik. Namun, ada beberapa olahraga yang memberikan dampak lebih dan dapat membantu mengatasi sulit tidur ketika malam hari.

Berikut cara download idn poker di iphone akan memberikan olaharaga apa saja yang dapat mengatasi insomnia.

1. Berenang
1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga kardiovaskuler yang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Olahraga yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, seperti meningkatkan detak jantung, membakar kalori serta membentuk otot-otot tubuh.

Jenis olahraga yang ada di dalam air ini, membantu mengaktifkan seluruh motorik di tubuh, sehingga saat malam hari akan terasa lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Lompat tali
2. Lompat tali

Lompat tali juga merupakan bagian dari olahraga kardiovaskuler. Mungkin ksmu tidak terpikir bahwa olahraga ini dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Olahraga yang sifatnya ritmis ini, dapat menenangkan pikiran yang gelisah dan membantu jika sulit untuk tidur.

Untuk melakukan dengan tepat, caranya adalah dengan menghitung repetisi agar dapat melaju secepat atau selambat yang diinginkan. Lakukanlah empat set atau setara dengan 50 lompatan dan jangan lupa istirahat satu menit di antara set.

3. Berjalan kaki
3. Berjalan kaki

Kamu pasti suka berjalan-jalan kan? Nah, olahraga satu ini cukup sederhana. Berjalan kaki ternyata bisa membantu dalam kesulitan tidur lho.

Berjalan kaki ini dapat dilakukan pada malam hari selama 30 menit. Kamu dapat berjalan santai maupun berjalan agak cepat sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Olahraga ini membantu pikiran agar lebih tenang dan pastinya kalori pun ikut terbakar. Jadi, sangat bermanfaat ya jalan kaki ini.

4. Yoga
4. Yoga

Apakah kamu suka melakukan yoga? Nah, ternyata yoga juga dapat membantu kamu yang punya insomnia nih.

Olahraga ini mengutamakan gerakan yang meregangkan dan merilekskan seluruh tubuh agar lebih tenang dan dapat bernapas dengan baik.

Gerakan yoga seperti downward dog, cobrak, lotus, dan warrior dapat Mama lakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Pilates
5. Pilates

Olahraga yang satu ini, dapat dikatakan mirip dengan yoga, namun versi lebih modernnya.

Pilates merupakan latihan fisik yang fokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Selain itu, pilates fokus juga pada pengencangan otot, peregangan, dan banyak koneksi pikiran atau tubuh. Mama dapat melakukan ini secara rutin agar mengurangi rasa insomnia.

6. Angkat beban
6. Angkat beban

Olahraga angkat beban ini juga dapat membantu mengurangi gangguan tidur. Kamu tidak perlu latihan yang terlalu keras, namun cukup melakukan secara rutin sebelum tidur.

Latihan weight lifting boleh dilakukan untuk melatih kekuatan otot dan membentuk postur tubuh, tetapi cukup lakukan yang ringan. Misalnya dengan menggunakan dumbel berukuran 5kg.

7. Bersepeda
7. Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga yang sedang tren di tengah pandemi saat ini.

Nah, olahraga ini juga dapat dimanfaatkan sebagai mengatasi sulit tidur lho.

Kamu dapat bersepeda santai pada sore hari ataupun sebelum tidur. Jangan lupa untuk membawa peralatan sepeda seperti helm, dan tentunya air minum agar tidak haus saat dijalan.

Kamu dapat mencoba salah satu olahraga ini jika mengalami insomnia ya. Jangan lupa untuk lakukan secara rutin. Semoga bermanfaat ya!