Berikut Manfaat Baik Dari Bermain Ice Skating Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Baik Dari Bermain Ice Skating Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Baik Dari Bermain Ice Skating Bagi Kesehatan – Seluncur es atau skating es (disebut juga es skating) adalah kegiatan berseluncur di atas es. Kegiatan ini dilakukan dengan pemakaian sepatu seluncur, dimana sebilah pisau baja yang tajam dipasang pada bagian dasar sepatu agar sepatu bisa meluncur di permukaan es.

Seluncur es dapat dilakui karena gesekan antara pisau seluncur dan permukaan es menghangatkan es, dengan akibat mencairkan esnya sehingga tercipta lapisan licin. Olahraga Ice Skating tidak terlalu familier di tanah air. Indonesia tidak memiliki musim dingin, tidak seperti di negara lain.

Dengan mudah, seperti di film-film, kolam atau danau yang mengeras akibat suhu di musim dingin, menjadi tempat gratis untuk bermain ice skating. Sebenarnya tidak perlu menunggu musim dingin. Karena turnamen olahraga ini pun diadakan lebih banyak di ice rink dan indoor. Ada mall di Indonesia juga yang punya memiliki ice rink, dan menjadi tempat hiburan juga.

1. Meningkatkan kemampuan kita untuk menyeimbangkan tubuh kita
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Bantu meningkatkan keseimbangan dengan bagaimana kamu mengontrol tubuhmu saat berada di atas es. Berseluncur dengan sepatu ice skate, kamu akan mencari cara agar tubuhmu tetap melaju dan tidak terjatuh.

Berawal dengan apakah kamu bisa berdiri di atas es. Dengan seimbangnya tubuh kita, akan lebih mudah untuk berseluncur di atas es.

2. Olahraga yang baik untuk sendi dan otot kita
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Sama dengan olahraga lainnya, ice skating memerlukan koordinasi sendi kita. Karena koordinasi tubuh kita menjadi hal yang utama saat ice skating, terutama pada bagian kaki kita. Dengan begitu, bisa juga melatih otot kaki kita untuk lebih kuat.

Melansir dari healthfitnessrevolution.com, pergerakan kaki yang cepat dan kekuatan lutut diutamakan, membuat sendi di kaki kita untuk lebih fleksibel. Tak hanya itu, bisa juga membuat otot di kaki lebih kuat lagi.

3. Bantu kamu untuk menurunkan berat badan!
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Walaupun hanya berfokus pada pergerakan kaki dan keseimbangan tubuh, ice skating bisa bantu menurunkan berat badanmu. Dengan bermain ice skate per jam, penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ini bisa membakar 200 sampai 650 kalori dalam tubuh.

Kecepatan dalam meluncur di atas es pun punya pengaruh juga dengan kalori yang terbakar. Semakin banyak Gerakan ice skate yang kamu ketahui, akan semakin membantu.

4. Bisa menjadi alternatif untuk olahraga kardio
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Dengan bermain di atas ice dan suhu yang dingin, bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga selayaknya kardio. Ternyata ice skate jadi olahraga kardio. Mengutamakan pergerakan kaki yang cepat, dan ketika sudah terbiasa, banyak gerakan seperti melompat.

5. Membantu mengurangi rasa stres kamu
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Banyak orang yang memilih berolahraga ketika penuh pikirannya. Dengan ice skate, hal tersebut juga bisa dilakukan. Mengutip dari playkettering.comice skating dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat fokus untuk gerakan yang ingin kamu pelajari.

Dilansir dari UNC Health Talk, psikolog mengatakan kalau pikiran kita mencoba mencari solusi saat kita tidur, meditasi dan berolahraga. Setelah satu jam melakukan ice skate, udara dingin di paru-paru dan rasa panas di kaki, membuatmu ingin istirahat. Namun, pikiran bawah sadar kita tetap bekerja.

6. Meningkatkan daya tahan tubuhmu
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Semakin sering kamu melakukan ice skate, banyak energi dirimu yang terpakai. Dengan begitu, memicu untuk daya tahan tubuhmu lebih meningkat. Apalagi dengan bagaimana suhu tubuhmu harus menyesuaikan dingin, lalu kakimu harus bergerak cepat. Sebenarnya tidak hanya ice skate saja, olahraga lainnya juga

7. Ice Skating membuat kamu lupa sedang berolahraga
Tak Hanya Elegan, Ini 7 Manfaat Bermain Ice Skating untuk Kesehatanmu

Hal yang paling utama saat ice skating adalah kamu akan merasa senang dan lebih tenang. UNC Health Care mengatakan bahwa ice skating semacam bentuk meditasi. Dengan waktu yang lama, membuat kita lebih tenang dan fokus. Berada sejam dalam ice rink dapat membuat kamu lebih segar secara mental dan perasaan.

Seluncur es dilakukan orang sebagai rekreasi atau olahraga musim dingin. Di negara-negara dengan musim dingin yang sangat dingin, permukaan danau, kolam, kanal, dan sungai kadang dapat membeku. Lapisan es yang terbentuk pada permukaan air cukup tebal untuk dipakai untuk berseluncur.

Pada musim dingin yang membekukan di Belanda, Finlandia, Swedia, Rusia, dan Norwegia, orang bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dengan berseluncur. Di negara-negara yang beriklim lebih hangat, orang berseluncur di permukaan es buatan, misalnya di gelanggang seluncur es .

Kemampuan berseluncur di atas es merupakan keterampilan dasar untuk hoki es, seluncur cepat, seluncur indah, dan dansa es. Semuanya merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Musim Dingin.