Berikut Lima Cara Zumba yang Harus Dilakukan untuk Pemula

Berikut Lima Cara Zumba yang Harus Dilakukan untuk Pemula

Berikut Lima Cara Zumba yang Harus Dilakukan untuk Pemula – Zumba adalah program latihan kebugaran yang diciptakan oleh Alberto “Beto” Pérez, seorang penari dan koreografer asal Kolombia pada era 1990an. Zumba merupakan salah satu jenis senam yang memadukan tari salsa dan gerakan aerobik dengan diiringi musik tertentu.

Program ini kemudian menjadi merk dagang dari Zumba Fitness, LLC. Dalam mempopulerkannya, penyanyi pop Brazil Claudia Leitte ditunjuk sebagai duta internasional untuk Zumba Fitness. Perbedaan dengan senam aerobik terletak pada variasi geraknya yang lebih banyak. Senam zumba banyak digemari karena gerakanya sangat mudah dan kemampuan untuk membakar kalori cukup tinggi.

Apabila kalian mulai jenuh dengan senam biasanya, zumba bisa jadi alternatif yang menyenangkan. Namun, para pemula tentu tidak banyak tahu tentang apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan zumba. Berikut ini adalah 5 tips zumba bagi pemula. Apa saja? Simak sampai selesai!

1. Kenakan pakaian yang nyaman
5 Tips Mudah Zumba bagi Pemula, Jangan Asal Gerak!

Ketika zumba, kalian dituntut untuk bergerak secara leluasa sehingga diperlukan pakaian yang punya fleksibilitas tinggi. Jangan kenakan jeans atau pakaian dengan bahan yang kaku dan terlalu tebal karena hal itu akan menghambat gerakan kalian dan kulit kalian akan berisiko iritasi.

Gunakan pakaian khusus olahraga atau pakaian yang berbahan lentur sehingga bisa menyesuaikan gerakan tubuh kalian ketika zumba. Meskipun terkesan sepele, pakaian yang tepat akan menentukan kenyamanan kalian ketika zumba.

2. Gunakan sepatu
5 Tips Mudah Zumba bagi Pemula, Jangan Asal Gerak!

Penggunaan sepatu bisa membantu kalian untuk bergerak dengan lebih mudah. Selain itu, dengan memakai sepatu, kaki kalian akan terlindung dari risiko lecet atau kapalan saat bergesekan dengan lantai.

Untuk sepatunya, pastikan sepatu yang berjenis lidah pendek karena akan lebih fleksibel saat digunakan. Dianjurkan untuk memakai sepatu khusus olahraga karena memiliki insole lebih tebal dan empuk sehingga kaki kalian tidak sakit saat zumba dalam waktu yang lama.

3. Rajin mengikuti zumba minimal 3 kelas per minggu
5 Tips Mudah Zumba bagi Pemula, Jangan Asal Gerak!

Practices make perfect,” petuah itu nyatanya juga berlaku dalam olahraga zumba. Apabila kalian benar-benar ingin menguasai teknik dalam zumba, diperlukan latihan yang rutin dan berkelanjutan.

Banyak praktisi zumba menyarankan kita untuk mengikuti latihan minimal tiga kali dalam sepekan agar hasilnya optimal. Pastikan juga kalian didampingi oleh instruktur yang berpengalaman agar gerakan yang kalian lakukan benar dan porsi latihan kalian bisa tepat sesuai kebutuhan.

4. Makan dan minumlah maksimal 2 jam sebelum zumba
5 Tips Mudah Zumba bagi Pemula, Jangan Asal Gerak!

Sebagai olahraga yang dilakukan dalam intensitas tinggi, tentu diperlukan asupan nutrisi yang memadai. Sebisa mungkin kalian makan atau minum dahulu sebelum mengikuti zumba agar tidak lemas dan gampang capek.

Namun, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk makan dan minum adalah maskimal dua jam sebelum zumba dimulai. Hal itu dilakukan kalian terhindar dari nyeri perut saat zumba berlangsung.

5. Pastikan kondisi fiisk kalian sehat sebelum memulai dan jangan takut salah gerakan
5 Tips Mudah Zumba bagi Pemula, Jangan Asal Gerak!

Apabila fisik kalian terasa lemas, lelah, atau sakit, sangat disarankan untuk tidak mengikuti zumba. Hal itu akan berakibat buruk pada kondisi fisik kalian dan berisiko besar untuk pingsan.

Jangan sampai olahraga zumba yang kalian lakukan justru membahayakan kesehatan kalian. Ketahui batas dan kondisi fisik kalian sebelum mengikuti zumba agar kalian aman dan tidak merepotkan teman kalian yang lainnya. Terakhir, jangan takut salah gerakan ketika awal mencoba zumba. Kesalahan merupakan hal yang wajar dan kalian hanya butuh latihan rutin saja.