Berikut Lima Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula

Berikut Lima Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula

Berikut Lima Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula – Arung jeram merupakan kegiatan mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang. Rafting memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-19 yang di pelopori John Macgregor. Arung jeram atau rafting merupakan kegiatan mengarungi sungai dengan arus cukup deras dengan menggunakan perahu karet yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Seorang pramuka asal Paman Sam (amerika) yang waktu itu memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado. Perkembangan seiring waktu membawa olahraga arung jeram ke Indonesia dan berkembang sampai saat ini. Arung jeram ini bisa dibilang menjadi salah satu aktivitas yang menantang, karena risikonya yang cukup tinggi. Tak jarang bagi seorang pemula berpikir dua kali untuk mau mencoba arung jeram, karena takut apabila perahu terbaik atau terseret arus.

Tapi kalian tidak perlu khawatir dan takut secara berlebihan, selama persiapan kalian lakukan dengan matang. Berikut ini adalah lima cara aman bermain arung jeram bagi pemula. Penasaran kayak gimana? Baca artikelnya sampai habis ya!

1. Tentukan lokasi yang sesuai dengan kemampuan dan kesiapan kalian
5 Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula, Wajib Coba Sih!

Hal pertama yang wajib kalian siapkan adalah lokasi atau sungai mana kalian akan melakukan arung jeram. Karena setiap sungai punya karakter dan tingkat kesulitan tersendiri.

Apabila kalian seoramg pemula disarankan untuk memilih sungai yang arusnya tidak terlalu kencang dan tidak terlalu dalam. Hal itu untuk menghindari risiko buruk yang terjadi saat bermain arung jeram.

2. Siapkan pakaian, jaket pelampung, dan helm
5 Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula, Wajib Coba Sih!

Berikutnya yang tak kalah penting adalah pakaian dan perlengkapan yang harus kalian kenakan saat bermain arung jeram. Kalian sangat tidak dianjurkan memakai jeans, atau kaus t-shirt karena akan berat dan panas ketika terkena air dan paparan sinar matahari.

Gunakan pakaian yang tipis atau wetsuit dan celana kain pendek agar kalian lebih nyaman. Tak lupa perlengkapan keselamatan seperti helm dan pelampung wajib kalian kenakan. Kalian juga bisa menambahkan alat keselamatan lainnya seperti pelindung siku dan lutut serta sepatu.

3. Lakukan pemanasan sebelum bermain arung jeram
5 Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula, Wajib Coba Sih!

Arung jeram menuntun kemampuan dan kekuatan fisik yang prima, dan salah satu bagian badan yang menjadi tumpuan adalah tangan. Agar terhindar dari cedera atau kram, usahakan kalian melakukan pemanasan dengan baik.

Lebih baiknya kalian bisa melakukan workout ringan satu atau dua hari sebelum rafting. Hal ini dilakukan agar otot-otot kalian tidak kaget saat memulai arung jeram.

4. Wajib mengetahui teknik dasar dalam berenang
5 Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula, Wajib Coba Sih!

Meskipun telah memakai pelampung, kemampuan dasar dalam berenang tetap dibutuhkan apabila perahu terbalik ataupun terseret arus sungai. Maka dari itu bagi kalian yang sama sekali tidak bisa berenang kurang disarankan mencoba arung jeram.

Dengan penguasaan teknik dasar berenang yang baik, maka hal tersebut bisa menekan risiko terburuk terjadi. Intinya jangan panik saat situasi yang tidak diinginkan terjadi.

5. Ikuti arahan senior atau instruktur 
5 Cara Aman Bermain Arung Jeram untuk Pemula, Wajib Coba Sih!

Sebagai aktivitas olahraga beregu, kalian tidak boleh asal-asalan dalam mendayung atau memilik jalur perahu karet. Ikuti arahan instruktur dengan saksama, karena dialah yang tahu kondisi medan dan teknik yang harus dilakukan ketika arung jeram berlangsung. Olahraga ini sangat anti dengan sikap egois dan sangat menekankan kerja sama tim yang baik dan solid.

Itulah lima cara yang bisa kalian lakukan agar aman ketika bermain arung jeram. Ketakutan dan kekhawatrian kalian akan bisa diminimalisir dengan persiapan yang matang, Bro. Ada yang tertarik mencoba arung jeram?