Berikut Lima Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman

Berikut Lima Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman

Berikut Lima Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman – Terjun lenting (bungee jumping) adalah sebuah aktivitas mancakrida saat seseorang terjun dari sebuah tempat tinggi (biasanya beberapa ratus kaki/meter). Bungee jumping, atau terkadang disebut juga bungy jumping di beberapa bagian dunia, adalah aktivitas petualangan ekstrem di mana ada seseorang yang melompat dari ketinggian sambil dihubungkan ke tali karet elastis yang panjang.

Saat terjun, tali tersebut akan melar setelah mengambil energi dari lompatan, dan peloncat akan terlontar balik ketika tali tersebut memendek. Talinya sering dililitkan di pergelangan kaki orang tersebut dan diikat dengan sabuk pengaman pinggang untuk keamanan tambahan.

Sebagai aktivitas yang ekstrem, tentu tidak banyak orang yang tertarik mencoba bungee jumping, apalagi jika kalian seorang yang fobia ketinggian. Namun, apabila kalian seorang yang penyuka tantangan, berikut adalah lima cara agar bungee jumping tetap seru dan aman.

1. Memastikan umur, berat dan tinggi badan sesuai prosedur
5 Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman, Berani Coba?

Setiap negara atau penyedia layanan bungee jumping memiliki peraturan berbeda-beda soal umur, berat dan tinggi badan seseorang yang hendak mencoba. Namun, rata-rata mematok standar usia di atas 10 tahun, berat badan minimal 30-43 kilogram dan maksimal 118 kilogram. Untuk tinggi badan paling minimal 120 sentimeter. Pastikan juga jika kalian didampingi oleh instruktur andal.

2. Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu
5 Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman, Berani Coba?

Karena ketika melompat kalian akan mengenakan tali yang dililitkan pada tubuh, maka usahakan sebisa mungkin kalian memilih pakaian yang nyaman dan berbahan lembut. Bisa kaus atau pakaian lainnya.

Untuk perempuan dilarang menggunakan rok dan harus menguncir rambutnya. Sementara sepatu berguna untuk melindungi kaki kalian saat pendaratan di bawah.

3. Pastikan peralatan dan lokasi aman serta instruktur yang sudah berpengalaman
5 Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman, Berani Coba?

Sebagai salah satu aktivitas yang berisiko tinggi, kalian harus memastikan keamanan dan kelayakan lokasi serta peralatan yang digunakan. Mulai dari tali, webbing, harness dan peralatan lainnya.

Dari lokasi bisa kalian pastikan apakah strukturnya masih layak dan pada bagain bawah ada bahaya lain atau tidak. Terakhir yang tidak kalah penting pastikan kalian di dampingi oleh instruktur yang berpengalaman agar bisa memandu kalian dengan baik.

4. Tenang dan jangan ragu-ragu ketika berada di atas papan lompat
5 Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman, Berani Coba?

Tentu sangat manusiawi apabila kalian gugup atau khawatir ketika berada di atas papan untuk melompat. Namun, apabila hal itu terjadi tentu akan berdampak pada kelancaran lompatan kalian ke bawah. Kalian bisa menghilangkan rasa khawatir dan gugup dengan sesegera mungkin melompat ketika instruktur sudah memberi aba-aba. Semakin kalian menunda melompat maka rasa khawatir dan gugup akan semakin tinggi.

Hal paling penting juga, kalian jangan terlalu sering menatap ke bawah. Karena hal itu akan memicu rasa takut kalian dan detak jantung kalian semakin kencang.

5. Usahakan jangan makan atau minum sebelum bungge jumping
5 Cara Agar Bungee Jumping Tetap Seru dan Aman, Berani Coba?

Karena kalian melompat dari atas tentu ada kemungkinan makanan atau minuman yang telah dikonsumsi akan muntah. Maka dari itu usahakan makan atau minum maksimal 60 menit sebelum bungge jumping agar makanan kalian sudah terolah dengan baik.

Dengan persiapan yang matang tentu bungee jumping akan aman dan pastinya seru untuk dilakukan. Ada yang mau dan pernah mencoba?