Berikut Inilah Deretan Manfaat Olahraga Voli Bagi Kesehatan

Berikut Inilah Deretan Manfaat Olahraga Voli Bagi Kesehatan

Berikut Inilah Deretan Manfaat Olahraga Voli Bagi Kesehatan – Bola voli (bahasa Inggris: volleyball) adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Voli adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan segala usia, jenis kelamin, dan demografi mana pun.

Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing timnya hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga ini dinaungi FIVB (Fédération Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional. Karena termasuk latihan aerobik, tentu manfaat kesehatan yang ditawarkannya beragam, terutama bila dilakukan secara rutin.

Di Indonesia, cabang olahraga voli merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari. Ketahui manfaat olahraga voli bagi kesehatan pada informasi berikut, yuk!

1. Membakar kalori, sehingga membantu turunkan berat badan
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Sebagai olahraga fisik yang membutuhkan banyak gerakan, tentunya voli dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

Laporan dari Harvard Medical School menyatakan bahwa kita bisa membakar sekitar 90 hingga 133 kalori bila bermain voli indoor nonkompetitif selama sekitar 30 menit. Kalori yang terbakar akan bervariasi tergantung berat badan seseorang. Sementara itu, voli kompetitif mungkin membakar sekitar 120 hingga 178 kalori.

Kemudian, permainan voli pantai yang dilakukan selama satu jam berpotensi membakar hingga 480 kalori, lo! Karenanya, olahraga ini cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain berat badan menyusut, tubuh pun lebih sehat dan bugar.

2. Meningkatkan kekuatan otot
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Voli merupakan jenis latihan beban yang dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular. Pemain harus terus berlari dan harus beraksi cepat terhadap situasi selama permainan.

Olahraga ini akan memperkuat bagian tubuh, terutama bagian atas seperti lengan dan bahu serta otot paha dan kaki bagian bawah. Sebab, main voli butuh gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tersebut bekerja. Lebih dari itu, voli adalah olahraga yang membangun kekuatan hampir semua otot di tubuh, dilansir Fit & Me.

Menambahkan dari Livestrong, voli juga dapat memperkuat sistem pernapasan, sehingga mampu meningkatkan sirkulasi dan mengedarkan lebih banyak darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan demikian, ini akan meningkatkan fungsi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Tubuh akan menggunakan energi secara konstan guna meningkatkan metabolisme tubuh. Melakukan olahraga, termasuk voli, adalah salah satu cara terbaik untuk lakukan proses ini. Pada tingkat metabolisme yang tinggi ini, distribusi energi ke berbagai organ akan berada pada tingkat optimal, dilansir Sport Fitness Advisor.

4. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Mengalami stres terus-menerus akan berefek buruk pada kesehatan kita. Olahraga, terutama yang melibatkan konsentrasi layaknya voli, bisa membantu meredakan stres.

Voli membutuhkan konsentrasi konstan, sehingga ini memaksa pemain untuk melepaskan diri secara mental dari pikiran yang mengganggu untuk fokus pada permainan. Karenanya, bermain voli juga bisa mendukung kesehatan mental seseorang.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Berbagai kombinasi gerakan yang menggunakan otot dan energi dalam bermain bola voli akan membuat jantung dan paru-paru terpompa, sehingga ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Perlu diketahui bahwa memiliki jantung yang sehat berarti memiliki jantung yang dapat memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh tanpa harus bekerja terlalu keras.

Jantung yang lebih efisien juga akan membuat tekanan darah cenderung lebih rendah, sehingga menurunkan kemungkinan kita terkena penyakit jantung, kondisi arteri, stroke, dan serangan jantung. Tak hanya itu, sistem pernapasan yang lebih kuat juga akan membuat kita tidak mudah kelelahan.

6. Mengembangkan koordinasi dan fokus yang lebih baik
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Mengutip Volleyball Expert, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bermain bola voli akan meningkatkan koordinasi tangan dan mata.

Aktivitas seperti servis, operan, atau memblokir membutuhkan koordinasi. Maka dari itu, rutin main voli bisa mendorong perkembangan koordinasi. Hasilnya akan makin baik seiring dengan makin rutinnya olahraga ini dimainkan.

Bermain voli juga membutuhkan fokus dari setiap pemainnya, terutama fokus pada bola, sehingga olahraga ini juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

7. Mencegah osteoporosis
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Tulang perlahan akan keropos seandainya tidak digunakan dalam waktu yang lama, dan kondisi ini disebut dengan osteoporosis.

Melakukan olahraga yang membutuhkan penggunaan otot yang konstan seperti voli dapat membantu mencegahnya. Sebab, penggunaan otot yang konstan mampu membangun kekuatan tulang.

Biasanya, orang yang sering berolahraga memiliki massa tulang yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

8. Memperkuat stamina dan meningkatkan energi
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Olahraga fisik membutuhkan banyak stamina, demikian pula dengan voli. Bila olahraga ini dimainkan terus-menerus dan dijadikan rutinitas, tentunya stamina kita akan makin kuat seiring waktu. Pada dasarnya, melakukan latihan fisik setiap hari juga baik untuk meningkatkan tingkat energi, dikutip Katy Elite Volleyball.

9. Membangun kelincahan, koordinasi, kecepatan, dan keseimbangan
9 Manfaat Olahraga Voli bagi Kesehatan, Bisa Redakan Stres!

Menurut RRC Polytech, permainan ini membutuhkan perubahan kecepatan dan arah yang cepat. Selama bermain voli, pemain harus melakukan servis, operan, menyerang, memblokir, dan lainnya.

Keterampilan tersebut tentunya memerlukan kelenturan, keseimbangan, kekuatan, dan kecepatan tubuh yang baik. Dengan melakukan aktivitas ini berulang kali dan rutin, tentunya semua aspek ini akan meningkat hari demi hari.