Berikut Beberapa Teknik Umpan dan Servis dalam Olahraga Voli

Berikut Beberapa Teknik Umpan dan Servis dalam Olahraga Voli

Berikut Beberapa Teknik Umpan dan Servis dalam Olahraga Voli – Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing timnya hanya memiliki dua orang pemain.

Olahraga ini dinaungi FIVB sebagai induk organisasi internasional. Voli termasuk olahraga paling populer di Indonesia. Tak peduli lapisan masyarakat mana, voli selalu dimainkan, di kampung hingga komplek perumahan mewah Indonesia.

Memang, main voli itu seru karena mengandalkan kerja sama tim dan kemampuan olah bola. Dipadukan dengan teknik yang mumpuni, voli pastinya enak buat dimainkan dan ditonton. Makanya, agar kamu jago, perlu keterampilan individu yang harus diasah. Dasarnya adalah umpan dan servis dalam bola voli.

1. Umpan bawah
Trik Umpan dan Servis dalam Permainan Voli

Umpan bawah dilakukan dengan dua tangan atau biasa disebut thumb over palm atau dig. Gerakan ini bisa digunakan untuk mengumpan bola pada teman satu tim atau menahan serangan lawan. Umpan bawah juga efektif digunakan untuk mengantisipasi bola spike dari musuh.

Pada teknik ini, posisi kedua lengan menyatu dan kedua telapak tangan membuat kepalan. Kemudian, usahakan bola menyentuh lengan bagian dalam agar mudah dikontrol. Saat menerima bola, usahakan posisi lengan lurus, kaki-kaki terbuka, dan lutut tertekuk.

Namun, umpan bawah juga bisa dilakukan dengan melakukan satu tangan. Hal ini biasanya terjadi ketika bola datang dengan cepat atau terlalu jauh dari jangkauan pemain, sehingga secara refleks menerima bola dengan hanya menggunakan satu kepalan tangan.

2. Umpan atas
Trik Umpan dan Servis dalam Permainan Voli

Umpan atas biasanya dilakukan jika bola datang dengan cukup tinggi melewati kepala. Pada teknik ini, pemain mendorong bola dengan kedua tangan saat ada di atas kepala. Biasanya teknik ini dilakukan untuk mengumpan ke pemain yang akan melakukan spike ke area lawan.

Umpan atas dilakukan dengan posisi kaki yang direnggangkan dan menekuk lutut. Saat bola datang ke atas kepala, tekuk bagian pergelangan tangan dan posisikan telapak di atas kepala dengan jari-jari direnggangkan. Kemudian, dorong bola hingga melambung sambil diarahkan ke area lawan atau teman satu tim.

3. Servis bawah
Trik Umpan dan Servis dalam Permainan Voli

Gerakan servis menjadi gerakan awal yang dilakukan untuk memulai permainan. Pemain yang melakukan servis diharuskan memukul bola dari garis belakang lapangan.

Untuk melakukan servis bawah, pemain berdiri dengan kaki tumpuan terkuat, entah kiri atau kanan, di depan dan bagian lainnya di belakang. Lambungkan bola dengan tangan terkuat kamu. Kemudian, ayunkan tanganmu dan pukul dengan telapak tangan mengepal sambil mengerahkan bola ke area lawan.

4. Servis atas
Trik Umpan dan Servis dalam Permainan Voli

Sama seperti servis bawah, atas juga dilakukan sebagai tanda mulainya permainan. Namun, servis atas juga dapat dilakukan sebagai teknik menyerang tim lawan.

Dalam melakukan servis atas, pemain fokus melihat bola dan berdiri tegak. Sambil kaki melangkah ke depan, lambungkan bola lalu pukul menggunakan telapak tangan terkuat dengan jari yang rapat. Pukul bola dengan keras dan terarah agar sampai ke area lawan.

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

Morgan, yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga bola basket oleh James Naismith. Olahraga Mintonette ini sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan, yaitu bola basket, bisbol, tenis, dan bola tangan (handball).

 Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.