Beberapa Tips Mengatasi Rasa Takut & Minder Saat Sedang Gym

Beberapa Tips Mengatasi Rasa Takut & Minder Saat Sedang Gym

Beberapa Tips Mengatasi Rasa Takut & Minder Saat Sedang Gym – Banyak orang tidak sadar jika istilah gym dan fitnes sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Perbedaannya memang tidak terlalu signifikan, karena masih dalam satu rumpun di dunia olahraga. Tapi jika diteliti secara arti bahasa maka kedua kata ini memiliki arti yang tidak sama.

Jadi apa beda gym dan fitnes? Gym adalah salah satu tempat fitnes center yang menyediakan berbagai peralatan fitnes, sedang fitnes sendiri adalah kondisi keadaan sehat jasmani dan rohani yang meliputi sifat-sifat ketajaman mental, daya tahan kardiorespirasi, kekuatan otot, daya tahan otot, komposisi tubuh, dan kelenturan. Untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal, maka salah satu cara paling tepat yang harus dilakukan adalah berolahraga.

Berolahraga di gym menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dipilih orang. Namun, terkadang ada beberapa orang download idn poker 88 merasa malu dan minder untuk pergi gym. Alasannya ada berbagai macam. Ada yang malu dengan penampilan fisiknya, masalah biaya, masih tidak paham dengan alat dan cara menggunakan alat olahraga, bingung dengan jenis latihan yang tepat, dan sebagainya.

1. Mulai perlahan
Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

Jangan merasa harus berusaha keras selama kunjungan pertama kamu ke gym. Mulailah berolahraga dengan aktivitas atau alat yang membuat kamu nyaman. Misalnya habiskan 10 atau 15 menit di mesin kardio.

Atau kamu juga bisa hanya melakukan peregangan sederhana dan mencoba alat-alat yang mudah untuk dilakukan. Secara perlahan namun pasti, tingkatkan kegiatan workout-mu untuk lebih lama dan beragam seiring berjalannya waktu.

2. Sewa pelatih

Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

 

 

Berolahraga dengan pelatih pribadi bahkan untuk satu sesi saja dapat membantu kamu mempelajari latihan apa yang harus dilakukan, cara melakukannya, cara menyiapkan peralatan, dan cara memprogram latihanmu. Telusuri terlebih dahulu tujuan dan goals apa yang ingin kamu dapatkan dari berolahraga sehingga pelatih dapat merekomendasi latihan yang tepat untukmu dan membimbingmu untuk dapat secara disiplin berolahraga.

3. Pergi bersama teman
Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

Seringkali orang-orang tidak jadi berolahraga di gym karena merasa malu dan takut pergi sendiri. Kalau begitu alasannya, maka tidak ada salahnya kamu mengajak teman atau saudaramu untuk sama-sama pergi gym. Pergi ke gym dengan teman atau anggota keluarga dapat memberikan kenyamanan, dukungan, dan bimbingan. Setelah kamu merasa nyaman berolahraga di gym dengan temanmu, maka cobalah untuk berolahraga sendiri setelah itu.

4. Masuk ke grup kebugaran
Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

Jika kamu memiliki kecemasan sosial, kelas kebugaran kelompok mungkin bukan solusi yang ideal. Namun, berolahraga dalam kelompok terkadang meredakan kecemasan yang berasal dari tidak tahu apa yang harus dilakukan di gym.

Hal ini karena kamu dapat mengikuti arahan instruktur atau sesama olahragawan. Setelah kamu merasa nyaman dan menjadi bagian dari komunitas kebugaran kelompok, kamu dapat memperoleh manfaat dari kesehatan mental yang lebih baik secara keseluruhan.

5. Rencanakan waktu dan latihan kamu
Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

Membuat perencanaan waktu latihan tidak hanya baik untuk manajemen waktu dan efektivitas, tetapi juga dapat menghilangkan rasa takutmu saat ngegym. Jika kamu tahu persis latihan apa yang ingin kamu capai dan urutannya, maka kamu akan dapat fokus pada latihanmu dan bukan ketidakpastian tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

6. Tarik napas yang dalam dan berpikir positif
Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

Jika kamu merasa kewalahan, maka tariklah napas sejenak. Pusatkan pernapasan pada pernapasan diafragma. Jenis teknik pernapasan ini sangat bagus dan baik untukmu karena telah terbukti menurunkan tingkat stres dan kortisol.

Kamu juga dapat mencoba untuk membingkai ulang self-talk negatifmu. Misalnya, jika kamu khawatir tentang orang yang menilai penampilanmu, maka ubah pemikiranmu dari “orang itu mengira saya besar dan tidak bugar” menjadi “orang itu ada di sana untuk berolahraga dan fokus pada tindakan mereka sendiri.”

Ini mungkin terdengar terlalu disederhanakan. Namun, jika kamu berani melawan pola pikir negatifmu dan beralih ke self-talk yang positif, maka kamu dapat menyalurkan lebih banyak keberanian untuk berolahraga di gym.

7. Teruskan latihan workout-mu
Tak Perlu Malu, 7 Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Nge-gym  

Semakin banyak kamu melangkah, semakin percaya dirilah kamu. Wajar jika terkadang merasa cemas dan minder saat pergi gym, tetapi jika kamu menemukan jenis latihan yang sesuai untukmu dan tetap melakukannya, maka kamu akan melihat peningkatan seiring berjalannya waktu.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, kamu tidak perlu merasa takut dan minder saat pergi ke gym. Tidak perlu khawatirkan pendapat orang lain dan teruslah berlatih hingga mendapat hasil yang kamu inginkan. Jangan lupa konsisten, ya!

Mengetahui pengertian masing-masing istilah dari gym dan fitnes akan mempermudah untuk memahami perbedaan artinya. Pembahasan istilah pertama yang akan dibahas adalah definisi dari gym. Gym adalah kependekan dari Gymnasium. Gymnasium adalah tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan olahraga seperti senam, atletik, latihan kardio ataupun latihan angkat beban.

Namun kebanyakan gym memang lebih menonjolkan peralatan untuk latihan angkat beban. Bertujuan untuk membentuk otot, membuat sixpack dan juga membuat tubuh yang ideal. Tapi gym yang bagus adalah yang menyediakan berbagai tempat dan alat untuk latihan angkat beban maupun latihan kardio, yoga, senam dan juga latihan olahraga yang lain.