Beberapa Teknik Dasar Bermain Sepak Bola yang Harus Dikuasai

Beberapa Teknik Dasar Bermain Sepak Bola yang Harus Dikuasai

Beberapa Teknik Dasar Bermain Sepak Bola yang Harus Dikuasai – Sepak bola asosiasi adalah cabang olahraga yang menggunakan bola, pada umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Sepak bola, di mana-mana kamu bisa menemuinya. Segala kalangan pasti memainkannya, entah menggunakan bola plastik atau kulit.

Biar jago, kamu harus menguasai sejumlah teknik dasar dalam sepak bola. Ini penting, karena permainan sepak bola nantinya hanya akan berkutat pada sederet teknik dasar tersebut.

1. Kontrol dan dribel
5 Teknik Dasar Sepak Bola, Harus Tahu Biar Jago!

Kontrol dan dribel menjadi teknik paling dasar dalam sepak bola. Kamu harus tahu bagaimana caranya mengontrol bola dan menggiringnya demi beradaptasi dalam permainan.

Sebab, dua teknik tersebut bisa menentukan tempo dan intensitas dari permainan yang diinginkan. Banyak teknik yang dipakai saat kontrol dan dribel dalam sepak bola, mulai dari menggunakan kaki dalam, hingga luar.

Bahkan, buat kontrol, pemain bisa juga menggunakan dada hingga kepala untuk menguasai bola yang lajunya cukup liar.

2. Passing
5 Teknik Dasar Sepak Bola, Harus Tahu Biar Jago!

Passing atau operan jadi teknik dasar lainnya yang wajib kamu kuasai dalam sepak bola. Sebab, operan bisa menjadi jantung dalam permainan sepak bola.

Dengan operan, intensitas permainan bisa tercipta. Makanya, kamu harus mahir dalam mengoper bola. Akurasi harus dipertajam supaya bola bisa menjangkau teman dan membangun organisasi permainan.

Teknik operan juga macam-macam. Bahkan, ada pengembangannya. Teknik mengoper bisa pakai kaki dalam hingga luar. Ada juga yang pakai tumit, atau biasa disebut back heel.

Operan juga terbagi dua jika dikategorikan lewat jarak, pendek dan panjang. Ada pula operan datar dan lambung.

3. Menendang
5 Teknik Dasar Sepak Bola, Harus Tahu Biar Jago!

Menendang wajib hukumnya untuk dikuasai. Sebab, ini merupakan kunci dari seorang pemain sepak bola buat mencetak gol. Teknik tendangan juga sangat variatif. Terkadang, para pemain top dunia memodifikasi teknik tendangannya agar menjadi senjata rahasia.

Seperti yang dilakukan David Beckham, Cristiano Ronaldo, hingga Lionel Messi. Ronaldo dikenal sebagai pemain yang kerap menggunakan teknik tendangan knuckle ball, sementara Messi punya gaya unik, yakni break the ankle. Namun, yang harus kamu tahu, teknik menendang bisa menggunakan kaki dalam, luar, hingga punggung kaki.

4. Sundulan
5 Teknik Dasar Sepak Bola, Harus Tahu Biar Jago!

Sundulan juga jadi teknik dasar lainnya dalam sepak bola. Ini diperlukan saat para pemain berduel di udara, atau hendak menyambut bola hasil umpan lambung hingga sepak pojok.

Kamu harus paham, menyundul bola baiknya menggunakan bagian dahi. Sebab, itu merupakan bagian terkuat di kepala. Menyundul juga perlu momentum dan kontrol tepat dengan gerakan kepala.

5. Menangkap dan blok bola
5 Teknik Dasar Sepak Bola, Harus Tahu Biar Jago!

Buat yang satu ini cuma bisa dipakai kiper ya. Setiap kiper harus tahu caranya blok atau menepis bola dengan menggunakan tangannya, entah dalam posisi mengepal hingga jari terbuka.

Semua kiper harus paham situasi kapan harus pakai teknik tepisan dengan kepalan tangan dan jari terbuka. Salah sedikit, risikonya cedera.

Kemudian, kiper harus tahu bagaimana cara menangkap bola dengan benar. Tujuannya, biar gak blunder dan jadi sasaran amuk fans yang mengharapkan bola bisa diamankan dengan baik.

Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan  terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya.

Sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diizinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.