Beberapa Tanda Aktivitas Olahraga yang Dilakukan Efektif

Beberapa Tanda Aktivitas Olahraga yang Dilakukan Efektif

Beberapa Tanda Aktivitas Olahraga yang Dilakukan Efektif

Beberapa Tanda Aktivitas Olahraga yang Dilakukan Efektif – Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh/jasmani seseorang, maupun mental (misalkan catur). Olahraga dapat dilakukan secara individu maupun beregu.

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keberhasilan olahraga sering kali hanya dinilai melalui penurunan berat badan atau peningkatan massa otot semata. Memang, tanggapan ini ada benarnya.

Namun, hal itu tak bisa menjadi tolok ukur tetap untuk menilainya.  Sebab, ternyata masih ada banyak tanda yang menunjukkan jika olahraga yang dilakukan berjalan efektif. Lalu, apa saja tanda-tandanya?

Kualitas tidur yang semakin membaik
5 Tanda Rutinitas Olahragamu Berjalan Efektif, Gak Sia-sia!

Mungkin belum banyak yang menyadari jika kualitas tidur bisa semakin membaik seiring dengan rutinitas olahraga yang dilakukan. Hal ini telah didukung oleh sebuah jurnal penelitian dalam Advances in Preventive Medicine tahun 2017, yang menjelaskan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas serta durasi tidur.

Secara ilmiah olahraga telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi stres, sehingga membuatmu lebih mudah tidur. Namun, jangan melakukan aktivitas fisik ini mendekati waktu tidurmu, ya.

Nafsu makan terkontrol
5 Tanda Rutinitas Olahragamu Berjalan Efektif, Gak Sia-sia!

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa olahraga secara teratur dapat membuat nafsu makan lebih terkontrol. Sebab, aktivitas fisik terbukti mampu menurunkan kadar hormon ghrelin, yang menstimulasi rasa lapar.

Ini artinya nafsu makan yang terkontrol menjadi salah satu tanda olahraga berjalan efektif. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity tahun 2017 menemukan bahwa rutinitas olahraga aerobik mampu merangsang hormon peptide YY, sehingga dapat menekan nafsu makan.

Merasa lebih bahagia karena stres berkurang
5 Tanda Rutinitas Olahragamu Berjalan Efektif, Gak Sia-sia!

Bukan suatu rahasia lagi jika olahraga dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Tak heran, jika akitivitas fisik ini bahkan dianggap sebagai obat antidepresan alami. Banyak orang yang sering melakukannya untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Perlu diketahui jika saat berolahraga, tubuh akan secara alami memproduksi hormon endorfin. Hormon inilah yang dapat memberikan perasaan positif serta mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh.

Olahraga terasa lebih ringan
5 Tanda Rutinitas Olahragamu Berjalan Efektif, Gak Sia-sia!

Ketika baru memulai olahraga, banyak orang yang merasakan lelah dan pegal keesokan harinya. Ini karena tubuh belum terbiasa dengan rutinitas barunya tersebut. Namun, jika dilakukan secara teratur maka aktivitas fisik itu akan terasa lebih mudah.

Nah, jika kamu sudah merasa aktivitas fisik yang dulu terasa begitu berat menjadi lebih ringan. Maka, itu salah satu tanda bahwa olahraga yang dijalankan kamu selama ini telah membuahkan hasil.

Tubuh lebih fit
5 Tanda Rutinitas Olahragamu Berjalan Efektif, Gak Sia-sia!

Tubuh yang sehat dan bugar adalah impian semua orang. Namun, untuk mendapatkannya tentu bukan perkara yang mudah. Salah satu cara untuk meraihnya adalah olahraga secara teratur.

Saat olahraga, tubuh akan secara alami melakukan adaptasi untuk meningkatkan kebugarannya. Inilah alasannya mengapa aktivitas fisik dapat membuatmu merasa lebih berenergi dalam menjalani hari.

Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Kombinasi diet, olahraga dan tidur merupakan kunci yang penting untuk kesehatan total.

Oleh karena itulah olahraga sangat digemari banyak orang. Dengan berolahraga rutin, secara tidak langsung tubuh juga akan memiliki kondisi yang lebih prima serta ideal dibandingkan sebelumnya. Pikiran jauh lebih tenang, dan diri menjadi jauh lebih produktif.

Olahraga memang menyehatkan secara keseluruhan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan jenis serta intensitas olahraga yang dipilih sesuai kondisi tubuhmu. Yups, agar aktivitas fisik tersebut membuahkan hasil yang diharapkan.