Beberapa Manfaat Olahraga Boxing untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Olahraga Boxing untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Olahraga Boxing untuk Kesehatan Tubuh – Tinju adalah olahraga dan  seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde. Olahraga boxing atau tinju biasanya identik dengan pertandingan keras di atas ring. Padahal, olahraga ini bisa dijadikan sebagai latihan harian.

Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya. Boxing juga bisa dengan mudah dikombinasikan dengan jenis latihan lainnya, membuat sesi olahraga Anda jadi terasa lebih menyenangkan.

Olahraga boxing bisa dilakukan berbagai kalangan usia, tua, muda, perempuan, dan laki-laki. Meski selama ini tinju identik dengan gerakan memukul, tapi sebenarnya di balik gerakan-gerakan tersebut tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat olahraga boxing untuk tubuh.

1. Menambah kekuatan tubuh

Seperti ini Manfaat dan Cara Latihan Kekuatan - Alodokter

Saat melakukan olahraga boxing, ayunan tangan yang Anda lakukan akan melatih otot lengan atas dan bahu, membuat kekuatan badan bagian atas meningkat. Saat melakukan boxing, posisi kuda-kuda yang dilakukan dengan lutut yang sedikit ditekuk juga dapat melatih otot punggung, kaki, dan badan bagian tengah.Dengan memiliki kekuatan bagian atas tersebut, Anda jadi bisa lebih kuat mengangkat beban-beban berat.

2. Baik untuk jantung

Mencegah Penyakit Jantung dengan Pola Hidup Baik - Cari Apa Ya

Boxing juga bisa dijadikan sebagai salah satu latihan kardio alias aerobik. Olahraga ini sangat baik untuk jantung dan bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

3. Meredakan stres

Meninju samsak, sasaran lain, atau bahkan udara akan menimbulkan efek yang baik untuk meredakan stres. Dengan boxing, Anda juga akan menjadi lebih percaya diri dan memiliki lebih banyak kontrol diri, sehingga dalam menjalani kegiatan sehari-hati, bisa merasa lebih rileks.

Boxing bisa membakar banyak kalori
4. Membakar kalori

Malas Olahraga, 5 Kegiatan Rumah Ini Bisa Membakar Kalori Lho

Olahraga boxing memang tidak membuat Anda jalan jauh atau berpindah tempat kemana-mana. Namun, gerakan-gerakan yang dilakukan sangat efektif untuk membakar kalori. Pembakaran kalori setiap orang memang berbeda. Biasanya untuk wanita, sesi tinju selama satu jam bisa membakar sekitar 400 kalori, sedangkan pria sebanyak 500 kalori.

5. Meningkatkan fokus

8 Cara Meningkatkan Fokus atau Konsentasi, Berani Praktikkan?

Olahraga kardio juga dinilai baik untuk otak dan bisa meningkatkan fokus hingga koordinasi mata dan tangan. Sebab saat melakukan gerakan tinju, mata Anda akan fokus ke satu titik dan tangan akan mengikuti instruksi dari otak dengan tepat.Dalam kehidupan sehari-hari, ini akan membuat Anda jadi lebih fokus saat mengerjakan sesuatu, karena terbiasa dilatih saat berolahraga boxing.

6. Menambah stamina

8 Makanan Untuk Meningkatkan Stamina Tubuh – Pena Merdeka

Jika dilakukan secara teratur, boxing juga bisa menambah stamina. Jadi, Anda tidak akan mudah lelah saat beraktivitas, termasuk jika berjalan jauh atau naik-turun tangga.

7. Melatih keseimbangan

8 Contoh Latihan Keseimbangan agar Tidak Mudah Terjatuh

Salah satu manfaat boxing yang utama adalah melatih keseimbangan. Saat melakukan boxing, ada gerakan-gerakan yang akan membuat kesimbangan Anda membaik. Sehingga mengurangi risiko cedera.