Beberapa Jenis X-treme games Baru di Olimpiade Tokyo

Beberapa Jenis X-treme games Baru di Olimpiade Tokyo

Beberapa Jenis X-treme games Baru di Olimpiade Tokyo – Pertandingan Olimpiade adalah ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga. Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Dalam olimpiade kali ini ada lima cabang olahraga (cabor) baru yang akan dipertandingkan.

Olimpiade merupakan kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia, dengan lebih dari 200 negara berpartisipasi. Awalnya, Olimpiade hanya berlangsung di Yunani kuno sampai akhirnya pada tahun 393 M Olimpiade kuno ini dihentikan oleh Kaisar Romawi, Theodosius.

Olimpiade kemudian dihidupkan kembali oleh seorang bangsawan Prancis bernama Pierre Frèdy Baron de Coubertin pada tahun 1896. Dirangkum dari laman apk idn poker Beberapa dari cabang olahraga tersebut disebut juga sebagai X-treme games, yakni skateboarding, surfing, sport climbing, dan freestyle BMX.

1. Skateboarding
Ini 5 Daftar Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Seluncur papan adalah tindakan menaiki dan melakukan gerakan dengan menggunakan papan luncur. Orang yang menaiki papan seluncur disebut sebagai pemain papan seluncur, skateboarder atau skater. Skatebording akan berlangsung di dua disiplin cabang olahraga sekaligus, yakni taman dan jalanan (park and street).

Tentu akan menarik melihat negara mana yang akan mendominasi cabor baru ini. Amerika Serikat, Brasil, Portugal dan Jepang bakal menjadi negara favorit di cabor ini pada penyelenggaraan pra-pertandingan.

2. Surfing atau selancar
Ini 5 Daftar Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Olahraga selancar air atau surfing adalah olahraga yang tumbuh dan mulai berkembang di Amerika, sekitar tahun 1960-an tepatnyan di Hawaii. Karena daerah tersebut memiliki ombak yang pecah serta bertahap yang sangat cocok digunakan untuk olahraga selancar air (surfing) ini.

Brasil dan Australia disebut-sebut jadi dua negara terkuat di cabang olahraga baru ini. Indonesia sendiri akan mengirimkan peselancar terbaiknya, Rio Waida untuk turun berlaga.

Rio juga dipercaya menjadi wakil Indonesia bersama Nurul Akmal (angkat besi putri) untuk menjadi pembawa bendera Indonesia di upacara pembukaan.

3. Sport Climbing atau panjat tebing
Ini 5 Daftar Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Para atlet panjat tebing akan berlomba dengan pegangan biasa berbagai bentuk dan ukuran. Fokus dari cabang olahraga satu ini tentu saja kecepatan.

Amerika Serikat dan Jepang disebut-sebut jadi dua negara yang paling perlu diwaspadai di cabor baru satu ini.

4. Karate
Ini 5 Daftar Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini sedikit dipengaruhi oleh Seni bela diri Cina kenpō. Karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa dan mulai berkembang di Ryukyu Islands. Sedikitnya 80 atlet akan bersaing dalam dua nomor di cabang olahraga ini, kata putra dan putri dan tiga kelas berat masing-masing untuk nomor putra dan putri.

Negara seperti Spanyol, Turki, Tiongkok dan tentu saja tuan rumah Jepang, menjadi favorit di cabang olahraga baru satu ini.

5. Baseball dan Softball
Ini 5 Daftar Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Baseball dan Softball akan kembali ke lapangan Olimpiade usai absen panjang. Terakhir kali cabang olahraga ini dimainkan pada Olimpiade Beijing 2008 lalu.

Dua cabang olahraga ini dihadirkan kembali oleh IOC sesuai dengan permintaan tuan rumah. Cabang softball putri dan baseball putra akan hadir di Olimpiade Tokyo 2020.

Dua cabang olahraga ini memang terbilang menjadi olahraga paling populer di Jepang.