Beberapa Gerakan yang Bisa Melunturkan Lemak di Paha Dalam

Beberapa Gerakan yang Bisa Melunturkan Lemak di Paha Dalam

Beberapa Gerakan yang Bisa Melunturkan Lemak di Paha Dalam – Timbunan lemak di paha bisa membuat paha terlihat lebih besar dan bergelambir. Karena dianggap mengganggu penampilan, berbagai cara menghilangkan lemak di paha pun dilakukan orang demi mendapatkan bentuk paha yang menawan, baik dengan cara alami maupun dengan berbagai tindakan estetika dan medis.

Lemak yang berlebihan membuat paha dalam bergelambir. Tidak hanya mengurangi percaya diri, paha dalam yang bergelambir juga bisa membuat kulit paha dalam jadi bergesekan ketika berjalan atau berlari.

Tentu saja, ini dapat membuatmu jadi tidak nyaman, kan? Sebenarnya, kamu bisa mengurangi lemak di paha dalam hanya dengan  berolahraga, kok. Tidak harus ke gym, kamu bisa melakukannya di rumah.

1. Lateral lunge
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Selain paha dalam, lateral lunge dapat memperkuat perut dan menstabilkan lutut. Tak hanya itu, gerakan ini juga efektif meningkatkan keseimbangan tubuh.

Cara melakukan lateral lunge:

– berdiri lurus, kemudian menyamping ke bawah dengan kaki kanan diusahakan ada di bawah lutut dan lengan ada di samping

– ambil langkah besar dengan kaki kanan lurus, telapak kaki kanan tempel di lantai dan lutut kanan menghadap depan. Dengan tumit kanan, dorong kembali tubuh ke posisi semula dan dihitung 1 repetisi di satu sisi

– lakukan 10 repetisi di setiap sisinya

2. Reverse lunge
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Jantung akan bergerak lebih cepat ketika melakukan reverse lunge. Bisa dibilang, gerakan ini membuat jantung lebih kuat sekaligus menguatkan kaki dan melunturkan lemak di kaki. Meski begitu, menjaga agar napas tetap teratur juga diperlukan dalam gerakan ini, lho.

Cara melakukan reverse lunge:

– berdiri tegak dengan tangan lengan di samping dan kaki tepat di bawah pinggul. Dengan memakai kekuatan perut, ambil langkah besar ke belakang dengan kaki kanan

– tekuk kedua kaki sampai lutut belakang menyentuh lantai tepat di bawah pinggul. Saat melakukan ini, tetap perhatikan tumit kanannya

– Ketika reverse lunge, tekuk lengan dan satukan kedua tangan setinggi dada atau bisa tempelkan telapak tangan di samping (pinggang)

– dorong kaki belakang agar tubuh kembali ke posisi awal dan dihitung sebagai satu repetisi. Kerjakan gerakan ini 10 repetisi di setiap kakinya

3. Lateral lunge with glute pull
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Gerakan yang satu ini sangat kompleks, tapi juga dinilai sangat efektif merampingkan kaki. Bukan hanya itu, gerakan ini juga dapat melatih kekuatan dan koordinasi seluruh tubuh. Bisa dibilang satu gerakan untuk melatih semua anggota tubuh.

Cara melakukan lateral lunge with glute pull:

– berdiri dengan kaki selebar pinggul dengan tangan di samping

– langkahkan kaki kanan ke samping semampunya. Kemudian dorong pinggul ke belakang, tekuk lutut kanan. Dilanjutkan dengan menurunkan badan sampai lutut kanan jadi tertekuk 90 derajat.

– dorong tubuh ke atas sehingga tubuh kembali ke posisi tegak

– angkat lutut kanan sampai menempel di dada dengan bantuan tangan. Gerakan ini adalah 1 repetisi untuk sisi kanan. Untuk hasil maksimal, lakukan 10 kali di setiap sisi.

4. Jumping jacks
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Jumping jacks menjadi gerakan favorit sepanjang masa. Ya, gerakan ini memang dikuasai banyak orang bahkan sejak masih anak-anak. Walau terbilang hanya gerakan bermain dengan teman-teman di masa kecil, nyatanya jumping jacks ini mempunyai banyak manfaat.

Dilansir Healthline, jumping jacks dapat membuat seseorang berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi. Gerakan ini juga dinilai dapat mempercepat detak jantung, membakar kalori tubuh, menguatkan tulang, dan pastinya membakar lemak tubuh, termasuk gelambir di paha dalam.

Cara melakukan jumping jacks:

– berdiri dengan kedua tangan di samping. Lompatlah setinggi-tingginya sambil melebarkan kaki sedikit lebih lebar dari jarak pinggul. Lemaskanlah tangan dan ikuti gerakan tubuh ke atas

– Setelah itu, lompat lagi sambil menempelkan kedua kaki dan taruh tangan kembali di samping. Ini terbilang satu repetisi dan lakukan 10 repetisi

5. Isometric lunge
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Gerakan ini dapat meratakan kekuatan tubuh di setiap kaki yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan lari. Di samping itu, isometric squat juga ampuh melunturkan lemak di paha dalam.

Cara melakukan isometric squat:

– berdiri tegak, kemudian salah satu kaki ambil langkah besar ke depan

– teluk lutut kaki sambil menurunkan tubuh hingga kaki ditekuk hingga 90 derajat. Tahan sampai 30 detik dan naikkan tubuh ke posisi semula. Ini dihitung satu repetisi

– lakukan gerakan ini di setiap sisi dengan 5 repetisi/sisi

6. Cossack squat
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Cossack squat dapat meningkatkan mobilitas lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Selain itu, gerakan ini juga dapat meningkatkan stabilitas, penguatan otot pinggul, dan menghilangkan lemak di paha.

Cara melakukan cossack squat:

– berdirilah dengan melebarkan kaki dengan jari kaki mengarah keluar

– turunkan tubuh sambil bersandar di satu sisi (kanan atau kiri) dengan menaruh pinggul ke bawah dan ke belakang. Jongkok sepenuhnya di sisi yang tadi sambil menggeserkan tubuh ke sisi yang lain. Sedangkan kaki yang lain diluruskan dengan tumit menempel lantai dan jari kaki menghadap ke atas

– setelah itu, gunakan kaki yang jadi tumpuan untuk mendorong ke atas agar kembali ke posisi awal dan dihitung satu repetisi

– ulangi di sisi lain hingga 10 repetisi di setiap sisi

Gerakan ini terbilang memerlukan skill tinggi. Jadi sebagai langkah awal, kamu bisa melakukan semampunya saja. Selain itu, usahakan tubuh tidak membungkuk, ya.

7. Step up
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Step-up merupakan gerakan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan unilatetal, koordinasi satu kaki, keseimbangan, mengencangkan paha, dan melatih otot bokong. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan menggunakan tangga atau bangku atau meja.

Cara melakukan step-up:

– taruh tangan di pinggang dengan kaki di bawah pinggul

– langkahkan kaki kanan di bangku atau tangga, kemudian tarik lutut kiri ke atas (kalau bisa hingga menyentuh dada)

– kemudian kembalikan kaki kiri ke belakang dan dihitung sebagai 1 repetisi

– kerjakan repetisi sebanyak 10 kali di setiap kakinya, ya

8. Sumo squat
8 Gerakan yang Ampuh Lunturkan Lemak di Paha Dalam, Kaki Ramping Lho!

Sumo squat aalah satu jenis squat yang berfokus pada otot besar di bagian tubuh bawah dan paha dalam. Supaya gerakannya efektif, kamu perlu menjaga punggung dalam keadaan lurus dengan dada terangkat saat bergerak.

Oh ya, meski squat ini tidak sebesar rentang gerak pada jongkok biasa, tapi squat ini termasuk latihan yang efektif, lho. Jadi tak ada salahnya untuk memasukkannya sebagai olahraga rutin.

Cara melakukan sumo squat:

– berdirilah dengan kedua kaki lebih lebar dari bahu. Posisikan jari-jari kaki ke arah luar

– secara perlahan, turunkan pinggul ke bawah dan belakang dengan tetap menjaga dada dan punggung lurus hingga paha sejajar dengan lantai

– tahan posisi jongkok selama beberapa detik, kemudian dorong ke atas untuk kembali posisi awal. Ulangi repetisi 10 kali

Kalau sudah terbiasa, kamu bisa menambah tantangan dengan memakai beban atau tambahkan lompatan ketika berusaha kembali ke posisi semula

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan di atas selama 15 menit untuk hasil yang optimal. Jika tidak memiliki waktu yang cukup, setidaknya kamu melakukan tiga gerakan saja, seperti lunge dan lateral. Lakukan sebanyak 10 repetisi di setiap gerakan. Setelah menuntaskan tiga gerakan dihitung 1 set, istirahat 45 detik, kemudian ulangi dua set lagi.

Sebelum melakukan berbagai cara menghilangkan lemak di paha yang berlebih, Anda perlu memahami bagaimana timbunan lemak di paha terjadi dan membuatnya nampak lebih besar, bergelambir, bahkan timbul selulit.

Timbunan lemak terjadi ketika tubuh terlalu banyak mengonsumsi kalori tanpa disertai dengan pembakaran kalori yang sepadan. Sebagian lemak akan disimpan di bawah kulit pada beberapa bagian tubuh, seperti perut, pinggul, dan paha. Inilah sebabnya anggota tubuh tersebut akan terlihat lebih besar akibat timbunan lemak yang berlebih.

Cara menghilangkan lemak berlebih di paha bisa melalui metode alami dan metode medis, baik tanpa pembedahan maupun dengan pembedahan.