Arsenal Gagal ke Final Liga Eropa Membuat Fakta Jadi Menarik

Kegagalan Arsenal di Final Liga Eropa Membuat Fakta Jadi Menarik – sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Arsenal adalah sebuah tempat dimana senjata dan amunisi dibuat, dirawat dan diperbaiki, disetor, atau dikeluarkan dalam kombinasi apapun, entah bersifat swasta atau negeri. Arsenal gagal mengikuti jejak Manchester United ke final Liga Europa 2020/21 setelah hanya bermain seri tanpa gol melawan Villareal dalam laga leg kedua semifinal di Emirates Stadium, Jumat (7/5/2021).

Hasil seri tersebut membuat Club388 Indonesia Arsenal kalah agregat 1-2. Padahal musim 2018/2019 tim berjulukkan The Gunners ini menembus babak final.

1. Final pertama Villarreal
3 Fakta Menarik dari Kegagalan Arsenal ke Final Liga EuropaPemain Villarreal Manu Trigueros (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan Semifinal Leg Pertama Liga Eropa di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Kamis (29/4/2021) waktu setempat. Villarreal menang atas Arsenal dengan skor akhir 2-1. ANTARA FOTO/REUTERS/Pablo Morano

Kemenangan atas Arsenal di babak semifinal Liga Europa ini jadi sebuah catatan bersejarah bagi klub. Untuk pertama kalinya, mereka mampu melenggang ke partai final kompetisi Eropa.

Pada 2006 lalu, mereka sebenarnya punya peluang untuk melaju ke babak final Liga Champions. Sayang, ketika itu mereka kalah. Uniknya, tim yang mengalahkan mereka saat itu adalah Arsenal.

2. Unai Emery spesialis Liga Europa
3 Fakta Menarik dari Kegagalan Arsenal ke Final Liga Europa

Hasil apik Villarreal di perhelatan Liga Europa 2020/21 ini menegaskan sesuatu. Ya, keberhasilan ‘Kapal Selam Kuning’ menembus final Liga Europa musim ini membuktikan bahwa Unai Emery, manajer mereka, memang jago di kompetisi ini.

Termasuk dengan hasil di musim ini, Emery tercatat mampu menembus partai final Liga Europa dalam lima musim bersama tiga tim berbeda. Setelah melakukannya bersama Sevilla di 2014, 2015, dan 2016, lalu bersama Arsenal di 2019, kini Emery melakukannya lagi bersama Villarreal.

3. Kesuraman Arsenal di musim 2020/21
3 Fakta Menarik dari Kegagalan Arsenal ke Final Liga EuropaPemain Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang menendang bola saat melawan Villareal dalam leg kedua semifinal Liga Eropa di Emirates Stadium, London, Inggris, kamis (6/5/2021). Villareal maju ke final Liga Europa usai bermain 0-0 (agregat 2-1). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah Mckay

Sejak 2015/16, Arsenal biasanya mampu tampil di partai final kompetisi Eropa atau kompetisi domestik, seperti final Piala FA 2016/17, final Piala Liga Inggris 2017/18, final Liga Europa 2018/19, serta final Piala FA 2019/20.

Namun, di musim ini, Arsenal gagal maju ke partai final manapun. Kegagalan ini jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Mikel Arteta, sekaligus menunjukkan kesuraman melanda Arsenal di musim 2020/21.